OBSERVASI LAPANG
Menemukan dan Mengembangkan Ide
Usaha
( Cappucino Cincau)
KELOMPOK PROCESSUS
YOSE DESVERA B04130108
NUZULA RAMADIAN B04130131
DHEA KHARISMA
PUTRI B04130135

TINGKAT PERSIAPAN BERSAMA
INSTITUT PERTANIAN BOGOR
2014
PENDAHULUAN
Di masa moderen seperti saat ini, kita harus mempunyai inovasi dan
terobosan baru dalam hal pengembangan usaha. Karena pada saat ini merupakan
pasar bebas, dimana setiap orang berlomba-lomba dalam mendapatkan keuntungan.
Saat ini kita melihat masalah di Indonesia semakin kompleks. Permasalahan
tersebut seakan telah menjadi bagian yang susah dipisahkan dengan rakyat
Indonesia. Mulai dari permasalahan kemiskinan, pendidikan, keamanan, atau juga
masalah pengangguran. Oleh karena
itu banyak orang yang berwirausaha, mendirikan home industri, membuka kedai
makanan dll.
Kita harus
mempunyai skill khusus dalam mengembangkan kreativitas dalam berwirausaha. Laporan ini akan
menitik beratkan pada peluang dalam berwirausaha dan pengembangan ide-ide dari usaha
retail yang sudah ada. Sebagaimana kita tahu sebuah inovasi akan membuka sebuah
peluang usaha baru yang tentunya lebih baik dibandingkan usaha yang telah ada
sebelumnya. Oleh karena itu, kami berusaha membahas lebih jauh mengenai
pengembangan ide wirausaha dengan melakukan observasi, khususnya dibidang
kuliner yang berhubungan dengan pertanian yaitu Cappucino cincau. Cappucino cincau adalah minuman berupa kopi cappuccino dengan serutan cincau di
dasarnya. Minuman ini terhitung baru muncul, namun sudah cukup populer dan
mulai banyak penggemarnya. Kombinasi rasanya yang lezat, segar dengan cincau
kenyal yang sudah akrab dengan masyarakat Indonesia ini memadukan minuman khas
Barat dan Indonesia sehingga menjadi paduan citarasa yang unik.
TUJUAN
Tujuan observasi ini adalah
·
Menumbuhkan
jiwa kewirausahaan
·
Menambah
pengetahuan mengenai produk pangan baru yang inovatif
·
Memotivasi
mahasiswa untuk membuka lapangan kerja dan mengurangi pengangguran
HASIL
PENGAMATAN

Hari : Sabtu
Tanggal : 15 Maret 2014
Pukul : 13.30-14.30 WIB
Tempat : Pusat Grosir Bogor
(Gambar 1)
Narasumber bernama Dini (27). Dini
mengaku hanya bertugas menjaga usaha ini. Dini membuka kiosnya dari jam 9 pagi
sampai jam 9 malam. “Ya sehari bisa sampai 30-50 gelas yang terjual mba”, kata
dini. Capuccino cincau ini dijual dengan harga Rp.5000 per gelasnya. Rasa yang
disediakan pun bermacam-macam mulai dari vanilla, coklat, dan cappuccino
sendiri.
Menurut kami, bisnis minuman yang satu
ini cukup membanjir di Kota Bogor. Hampir disepanjang jalan bisa kita temukan
para pedagang minuman cappuccino cincau ini. Minuman ini sangat digemari
sebagai penghilang dahaga, ditambah cuaca Kota Bogor yang panas membuat
orang-orang mencari minuman ini.
PENGEMBANGAN IDE USAHA
Ide
usaha dapat muncul kapan saja, dimana saja, dari apa saja, dan dari siapa saja.
Artinya, ide usaha adalah hasil dari proses berpikir kreatif yang tujuannya
ingin menemukan dan mencari sesuatu yang
berbeda dari produk usaha biasanya. Prosesnya itu bisa dari melihat, mendengar,
dan merasakan hal-hal yang ada di sekitar. Dengan begitu diharapkan usaha yang
sedang dijalani bisa lebih maju dan menarik.
Menurut
kami orang yang pertama kali mencetuskan inovasi “Es Capucinno Cincau”
sangatlah kreatif bagaimana
tidak, cincau yang biasanya identik dengan minuman es campur, kini dipadukan
dengan rasa unik minuman kopi cappuccino dan es. Keunikan rasa cappuccino
cincau inilah yang membuatnya cepat populer dan sangat disukai walaupun
terhitung baru muncul. Rasanya yang pas di lidah orang Indonesia menjadi alasan
minuman ini cepat populer. Tetapi menurut kelompok kami, kios cappuccino cincau
yang kami datangi itu tidak kreatif. Usahanya hanya meniru yang lain. Hal itu
kami katakan karena kios yang kami datangi sama seperti kios-kios lain, tidak
ada yang berbeda.
Kami mencoba mengemukakan beberapa
ide unik yang dapat ditambahkan ke dalam usaha tersebut
agar menambah nilai jual Capuccino cincau dan mendongkrak penjualannya karena beda dari yang lain. Menurut teori
yang kami dapat, ide usaha yang kami buat dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu:
New Market
Kita harus menawarkan Capuccino cincau jangan hanya di
jalan-jalan dengan kios-kios yang kecil. Di PGB sendiri saja terhitung ada tiga
buah kios yang bentuknya sama. Maka dari itu disini kami mempunyai ide membuat
usaha cappuccino cincau di kafe-kafe dengan pemandangan yang menarik, dan cocok
untuk konsumen berbincang-bincang sambil menikmati segelas cappucino cincau.
New Technology
Dalam wawancara juga, kami mencicipi
minuman ini. Ternyata es yang digunakan masih es balok. Menurut kami sudah
seharusnya es yang digunakan diganti dengan es cristal. Karena es crital adalah
es dari air yang sudah matang. Sehingga tidak menimbulkan sakit pencernaan.
New Benefit
Meningkatkan nilai tambah produk Cappucino cincau
dapat dilakukan dengan mendekorasi kios, menyediakan makanan ringan pendamping
minum es cappucino cincau dan menyediakan juga bacaan, seperti majalah atau koran.
Suasana kios bersih dan nyaman membuat
pelanggan lebih menikmati minuman tersebut, sehingga tidak bosan berada disana.
Sementara makanan ringan dan bacaan dapat menambah kocek, karena barang-barang ini menjadi sesuatu yang cocok untuk
teman minum es cappucino cincau yang segar. Selain itu, sajian yang bersih dan
sedikit saja dipercantik tampilannya dengan gelas cantik ataupun hiasan
lainnya,dapat menambah nilai jual produk ini.
PENUTUP
Sebaiknya dalam memulai usaha, kita
tidak perlu takut gagal, karena itu hanya dapat menghambat jiwa wirausaha kita.
Selain itu, kita juga harus memiliki inovasi yang tinggi, serta tak lupa ilmu
yang cukup. Agar usaha kita tidak mendapatkan kendala yang cukup berarti.
Walaupun memulai usaha dari nol, kita harus berjuang keras untuk mencapai titik
puncak.
Usaha Capucinno
cincau ini juga dapat dijadikan mata
pencarian, asalkan kita dapat mencari, memanfaatkan, dan mengolah ide-ide yang
muncul dari pikiran kita, karena dalam berwirausaha secara tidak langsung kita
juga belajar untuk mencapai kesuksesan dan mempertahankan kesuksesan itu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar