Sabtu, 15 Maret 2014

Observasi lapang kewirausahaan



OBSERVASI LAPANG
Menemukan dan Mengembangkan Ide Usaha
( Cappucino Cincau)
KELOMPOK PROCESSUS

YOSE DESVERA                             B04130108
NUZULA RAMADIAN                   B04130131
DHEA KHARISMA PUTRI             B04130135












TINGKAT PERSIAPAN BERSAMA
INSTITUT PERTANIAN BOGOR
2014
PENDAHULUAN          
Di masa moderen seperti saat ini, kita harus mempunyai inovasi dan terobosan baru dalam hal pengembangan usaha. Karena pada saat ini merupakan pasar bebas, dimana setiap orang berlomba-lomba dalam mendapatkan keuntungan. Saat ini kita melihat masalah di Indonesia semakin kompleks. Permasalahan tersebut seakan telah menjadi bagian yang susah dipisahkan dengan rakyat Indonesia. Mulai dari permasalahan kemiskinan, pendidikan, keamanan, atau juga masalah pengangguran. Oleh karena itu banyak orang yang berwirausaha, mendirikan home industri, membuka kedai makanan dll.
Kita harus mempunyai skill khusus dalam mengembangkan kreativitas dalam berwirausaha. Laporan ini akan menitik beratkan pada peluang dalam berwirausaha dan pengembangan ide-ide dari usaha retail yang sudah ada. Sebagaimana kita tahu sebuah inovasi akan membuka sebuah peluang usaha baru yang tentunya lebih baik dibandingkan usaha yang telah ada sebelumnya. Oleh karena itu, kami berusaha membahas lebih jauh mengenai pengembangan ide wirausaha dengan melakukan observasi, khususnya dibidang kuliner yang berhubungan dengan pertanian yaitu Cappucino cincau. Cappucino cincau adalah minuman berupa kopi cappuccino dengan serutan cincau di dasarnya. Minuman ini terhitung baru muncul, namun sudah cukup populer dan mulai banyak penggemarnya. Kombinasi rasanya yang lezat, segar dengan cincau kenyal yang sudah akrab dengan masyarakat Indonesia ini memadukan minuman khas Barat dan Indonesia sehingga menjadi paduan citarasa yang unik.
TUJUAN
Tujuan observasi ini adalah

·         Menumbuhkan jiwa kewirausahaan
·         Menambah pengetahuan mengenai produk pangan baru yang inovatif
·         Memotivasi mahasiswa untuk membuka lapangan kerja dan mengurangi pengangguran



HASIL PENGAMATAN
        
Observasi ini kami laksanakan pada
Hari                 : Sabtu
Tanggal           : 15 Maret 2014
Pukul               : 13.30-14.30 WIB
Tempat            : Pusat Grosir Bogor




                          (Gambar 1)
         Narasumber bernama Dini (27). Dini mengaku hanya bertugas menjaga usaha ini. Dini membuka kiosnya dari jam 9 pagi sampai jam 9 malam. “Ya sehari bisa sampai 30-50 gelas yang terjual mba”, kata dini. Capuccino cincau ini dijual dengan harga Rp.5000 per gelasnya. Rasa yang disediakan pun bermacam-macam mulai dari vanilla, coklat, dan cappuccino sendiri.
         Menurut kami, bisnis minuman yang satu ini cukup membanjir di Kota Bogor. Hampir disepanjang jalan bisa kita temukan para pedagang minuman cappuccino cincau ini. Minuman ini sangat digemari sebagai penghilang dahaga, ditambah cuaca Kota Bogor yang panas membuat orang-orang mencari minuman ini.

PENGEMBANGAN IDE USAHA
            Ide usaha dapat muncul kapan saja, dimana saja, dari apa saja, dan dari siapa saja. Artinya, ide usaha adalah hasil dari proses berpikir kreatif yang tujuannya ingin  menemukan dan mencari sesuatu yang berbeda dari produk usaha biasanya. Prosesnya itu bisa dari melihat, mendengar, dan merasakan hal-hal yang ada di sekitar. Dengan begitu diharapkan usaha yang sedang dijalani bisa lebih maju dan menarik.
            Menurut kami orang yang pertama kali mencetuskan inovasi “Es Capucinno Cincau” sangatlah kreatif bagaimana tidak, cincau yang biasanya identik dengan minuman es campur, kini dipadukan dengan rasa unik minuman kopi cappuccino dan es. Keunikan rasa cappuccino cincau inilah yang membuatnya cepat populer dan sangat disukai walaupun terhitung baru muncul. Rasanya yang pas di lidah orang Indonesia menjadi alasan minuman ini cepat populer. Tetapi menurut kelompok kami, kios cappuccino cincau yang kami datangi itu tidak kreatif. Usahanya hanya meniru yang lain. Hal itu kami katakan karena kios yang kami datangi sama seperti kios-kios lain, tidak ada yang berbeda.
Kami mencoba mengemukakan beberapa ide unik yang dapat ditambahkan ke dalam usaha tersebut agar menambah nilai jual Capuccino cincau dan mendongkrak penjualannya karena beda dari yang lain. Menurut teori yang kami dapat, ide usaha yang kami buat dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu:
New Market
Kita harus menawarkan Capuccino cincau jangan hanya di jalan-jalan dengan kios-kios yang kecil. Di PGB sendiri saja terhitung ada tiga buah kios yang bentuknya sama. Maka dari itu disini kami mempunyai ide membuat usaha cappuccino cincau di kafe-kafe dengan pemandangan yang menarik, dan cocok untuk konsumen berbincang-bincang sambil menikmati segelas cappucino cincau.

New Technology
Dalam wawancara juga, kami mencicipi minuman ini. Ternyata es yang digunakan masih es balok. Menurut kami sudah seharusnya es yang digunakan diganti dengan es cristal. Karena es crital adalah es dari air yang sudah matang. Sehingga tidak menimbulkan sakit pencernaan.

 New Benefit
Meningkatkan nilai tambah produk Cappucino cincau dapat dilakukan dengan mendekorasi kios, menyediakan makanan ringan pendamping minum es cappucino cincau dan menyediakan juga bacaan, seperti majalah atau koran. Suasana kios bersih dan nyaman  membuat pelanggan lebih menikmati minuman tersebut, sehingga tidak bosan berada disana. Sementara makanan ringan dan bacaan dapat menambah kocek, karena barang-barang ini menjadi sesuatu yang cocok untuk teman minum es cappucino cincau yang segar. Selain itu, sajian yang bersih dan sedikit saja dipercantik tampilannya dengan gelas cantik ataupun hiasan lainnya,dapat menambah nilai jual produk ini.


PENUTUP
Sebaiknya dalam memulai usaha, kita tidak perlu takut gagal, karena itu hanya dapat menghambat jiwa wirausaha kita. Selain itu, kita juga harus memiliki inovasi yang tinggi, serta tak lupa ilmu yang cukup. Agar usaha kita tidak mendapatkan kendala yang cukup berarti. Walaupun memulai usaha dari nol, kita harus berjuang keras untuk mencapai titik puncak.
            Usaha Capucinno cincau ini  juga dapat dijadikan mata pencarian, asalkan kita dapat mencari, memanfaatkan, dan mengolah ide-ide yang muncul dari pikiran kita, karena dalam berwirausaha secara tidak langsung kita juga belajar untuk mencapai kesuksesan dan mempertahankan kesuksesan itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar