Minggu, 29 September 2013

Sejarah domestikasi anjing

Domestikasi hewan adalah usaha untuk menjadikan hewan liar menjadi hewan ternak , domestikasi merupakan tindakan memindahkan makhluk hidup dari lingkungan aslinya ke lingkungan yang diciptakan manusia. Tindakan ini dapat mengakibatkan munculnya jenis-jenis hewan yang menyimpang dari aslinya

Sekitar 45.000 tahun yang lalu serigala masih hidup liar di alam bebas tanpa ada interaksi dengan manusia. Pada saat itu mereka masih mencari makanan dengan berburu. Serigala berburu menggunakan insting, indera penciuman, dan indera pendengaran. Mereka  hidup secara berkelompok, beberapa dari kelompoknya pergi berburu kemudian sebagian dari hasil buruannya mereka bawa pulang untuk anggota kelompok lainnya.
Seiring berjalannya waktu, sekitar tahun 32.000 tahun yang lalu serigala mulai  mendekat ke populasi manusia.
Hal itu disebabkan karena makanan serigala sudah banyak diambil manusia. Misalnya rusa, dagingnya manusia jadikan makanan, tulangnya dijadikan alat berburu dan peralatan rumah tangga sedangkan kulitnya dijadikan pakaian. Hal itu membuat serigala kekurangan makanannya dan mendekat ke manusia. Manusia pun menerima kehadiran serigala dengan baik. Mulai saat itu, serigala sudah tidak takut lagi terhadap manusia. Tapi ini belum disebut domestikasi, karena habitat serigala masih terpisah dengan manusia.
Domestikasi serigala bermula saat manusia merawat anak-anak serigala yang ditinggal mati oleh induknya. Anak-anak serigala pun tumbuh dengan kasih sayang manusia dan hidup secara berdampingan dengan manusia. Domestikasi serigala dalam waktu yang lama mengakibatkan perubahan bentuk tubuh serigala dan berkurangnya naluri hewan liar yang dimilikinya.
Dari domestikasi serigala itu sekarang terdapat berbagai macam ras anjing. Ras-ras anjing ini mempunyai karakteristik dan manfaat yang berbeda-beda. Sebagian manusia merawat anjing untuk dijadikan binatang peliharaan, binatang penjaga dan binatang yang mempermudah pekerjaan sehari-hari manusia.
Proses domestikasi anjing dapat dibuktikan dengan perbandingan fosil nenek moyang anjing dengan anjing sekarang. Terdapat perbedaan setiap anjing dari fungsi dan morfologinya. Ditemukan juga lukisan yang terdapat pada dinding gua. Salah satunya terdapat di Gua Chauvet, di dinding gua tersebut terdapat jejak kaki anjing dan jejak kaki manusia. Hal ini membuktikan pada jamannya manusia dan anjing mulai hidup berdampingan.
Di Eropa Barat, 18.000 tahun yang lalu anjing mulai dilatih untuk membantu manusia dalam berburu hewan. Hal itu dapat memudahkan pekerjaan manusia karena kemampuan berlari anjing yang cepat dan mempunyai indra-indra yang mendukung untuk berburu. Adapun anjing yang masuk dalam jenis anjing pemburu yaitu; Irish Setter, Spipone Italiano, English Setter, Springer Spaniel, Harrier, Labrador Retriever, Golden Retriever, Standard Poodle, dan Chesapeake Bay Retriever.
Di Amerika Utara, 15.000 tahun yang lalu anjing dimanfaatkan tenaganya oleh manusia, contohnya untuk membawa bawaan manusia saat berburu, sebagai alat transportasi pengangkut hasil produksi manusia. Contohnya: Rottweiler,Great Pyrenees, Boxer, Mastiff, Bernese Mountain Dog, Portuguese Water Dog, Staint Bernard, dan Alaskan Malamute.
Di Turki bagian timur, 10.000 tahun silam anjing mulai dilatih dan dimanfaatkan manusia untuk membantu menggembala hewan ternak di padang rumput. Hewan ternak yang mereka gembala mulai dari bebek sampai sapi. Contohnya: Border Collie, Belgian Tervuren, Australian Cattle Dog, Belgian Sheep Dog, Old English Sheepdog, Australian Shepherd, Rough Collie, Smooth Collie, Pembroke Welsh Corgi. Di Timur Tengah pun, 3.500 tahun yang lalu anjing membanu manusia dalam hal menjaga hewan ternak yang sedang digembala manusia di padang rumput. Anjing menjaga hewan ternak tersebut dari pencuri maupun predator.
Pada saat ini anjing lebih banyak dimanfaatkan sebagai anjing penjaga. Contohnya: Doberman Pinscher, Tibetan Mastiff, Akita, German Shepherd, Chow Chow, dan Dogue de Bordeaux. Seiring perkembangan jaman saat ini anjing juga dilatih sebagai tim penyelamat. Anjing dilatih untuk berenang, menarik korban ke tepian, dan mencari jejak korban hilang. Tidak hanya dilatih untuk penyelamatan, di jaman sekarang pun anjing di perlombakan dilihat dari kesehatan, kelincahan,bulu, serta faktor pendukung lainnya.

Anjing merupakan hewan dengan penciuman terbaik, berikut jenis anjing dengan penciuman terbaik; Bloodhound, Smooth Dachsund, Longhaired Dachsund, Beagle, Coonhound, Bassethound, dan Otterhounds.Anjing juga mempunyai pendengaran yang cukup baik bila dibandingkan dengan hewan lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar